Contact Us
■ DESIGN CONSULTANT ■ CONTRACTOR ■ BUILDER ■ PROJECT MANAGEMENT ■
Design and Builder

Ragam Pipa dan Kegunaannya

        Kita sudah mengenal pipa digunakan sebagai sambungan instalasi air di rumah (dingin atau panas) untuk itu kita juga perlu mengetahui jenis pipa untuk pilihan yang tepat sesuai peruntukannya.Ada beberapa jenis pipa berdasarnya bahan yaitu :
Pipa Besi,memang pipa ini lebih kuat dan tahan ,tapi pemasangannya kurang praktis,pipa tidak luwes mengikuti kontur atau jalur,setiap sambungan butuh drat.bila rusak atau bocor,perbaikannya pun tidak mudah,bagian dalam pipa bisa berkarat sehingga air jadi kotor dan bau.harganyapun lebih mahal
Pipa Tembaga bisa menjadi alternatif karena lebih flexibel dan tidak berkarat,selain juga tahan panas dan tekanan tinggi.pemasangan tidak perlu banyak sambungan ,sehinggga lebih praktis dan cepat.harganya lebih mahal meskipun lebih murah ketimbang pipa besi
Pipa PVC (polyvinyl chloride) yang lebih murah.Selain untuk air bersih PVC dipakai juga untuk saluran kloset,air limbah dan talang air hujan.Diameter pipa mulai 1/2 inci sampai 6 inci atau 16 mm sampai 150 mm dan dijual dalam satuan empat meter perbatang.Pipa yang terbuat dari fiber ini lebih ringan dan lentur sehingga mudah dipasangdan diperbaiki,bila ada yang rusak atau bocor cukup dipotong bagian yang rusak dan disambung kembali.Pipa tidak berkarat dan cukup kuat,mampu menahan tekanan air hingga dua bar atau 10kg/cm2 kelemahan pipa PVC hanya bisa dipakai untuk saluran dingin.Pemasangan juga butuh banyak sambungan dan masih rentan bocor. 
         Karena kelemahan pipa PVC yang hanya bisa dipakai untuk instalasi air dingin dan juga butuh banyak sambungan serta rentan bocor kemudian produsen pipa melansir produk pipa uPVC (unplasticized polyvinyl chloride).Ada beberapa merek pipa PVC dan uPVC yang ada dipasaran seperti Pralon,Wavin,Rucika,Vinilon,Maspion, Denya dan lainya


Pipa uPVC
Pipa uPVC (unplasticized polyvinyl chloride)  lebih kuat dan lebih tahan terhadap tekanan.pipa uPVC ini mampu menahan tekanan lima kali pipa PVC dengan daya tahan sampai 50 tahun.atau dua kali pipa PVC.Meskipun demikian tetap saja pipa uPVC tidak disarankan untuk saluran air panas.Pipa juga masih butuh banyak sambungan.Bahkan,konon penggunaan pipa uPVC di negara-negara maju sudah dilarang,karena dinilai mengandung zat timbal (zat klorida dan bahan campuran stabilizer)
Pipa PEX
Selain PVC dan uPVC ada pipa baru yang diklaim tidak mengandung zat berbahaya,lebih kuat dan bisa dipakai baik untuk air panas dan air dingin,yaitu pipa berbahan polyethylene atau PEX (polyethylene cross linked) seperti Westpex dan Rifeng,serta pipa HDPE (high density polyethylene) dari Pralon.Pipa PEX merupakan jenis pipa mutakhir untuk menggantikan pipa PVC dan uPVC,besi,dan tembaga.Pipa polyethylene lebih kuat,higenis dan aman.Ketahanannya mulai dari minus 40 derajat sampai 110 derajat celcius dengan umur setara pipa uPVC.Harganya lebih murah ketimbang pipa tembaga.Bentuknya berupa gulungan (bisa digulung)seperti selang air,bukan batangan seperti pipa PVC dan uPVC,dengan berat sekitar 11 kg/100m.Karena itu pipa mudah dibawa,disimpan dan dipasang.Pemasangan tidak memerlukan sambungan bila dipasang membelok,pipa cukup dilekukkan sehingga kebocoran bisa diminimalisir.Wespex membedakan pipa warna putih untuk aplikasi air dingin dan warna merah untuk aplikasi air panas.
         Ada jenis pipa lain yang lebih kuat,tidak berkarat,tidak beracun dan tahan terhadap tekanan tinggi,yaitu pipa semen seperti Dusaspun dan pipa keramik seperti seperti Claytan.Pipa semen lebih murah ketimbang pipa keramik.pipa semen masih ada pori-porinya ,bisa korosi dan masih menyerap air.Pipa semen dan keramik baru dipasarkan untuk proyek infrastuktur dan belum tersedia untuk rumah tangga.
Contoh aplikasi pipa air dingin dan air panas dalam rumah tangga

Perbandingan jenis pipa :
PVC 
Hanya bisa dipakai untuk instalasi air dingin,lebih Fleksibel ketimbang pipa besi,tapi tidak sekuat besi dalam menahan tekanan dan masih rentan bocor.Harga jauh lebih murah ketimbang besi dan tembaga.
uPVC 
Hanya bisa dipakai untuk instalasi air dingin,lebih fleksibel ketimbang pipa besi,lebih kuat daripada pipa PVC.Pemasangan butuh sambungan dan masih rentan bocor.Harga lebih mahal ketimbang PVC tapi jauh lebih murah ketimbang pipa besi.
PEX (Polyethylene) 
Bisa dipakai untuk instalasi air panas dan dingin,lebih tahan ,kuat,elastis dan lebih higenis karena tidak mengandung bahan berbahaya.Pemasangan praktis ,tidak butuh sambungan dan tidak mudah bocor.Harga lebih mahal ketimbang pipa PVC dan uPVC tapi lebih murah ketimbang pipa besi dan tembaga.

sumber :estate,april 2007













26 Comments:

  1. Johnson Manurung Titip Pesan,Katanya.....
    terima-kasih sobat atas postingannya, jadi lebih banyak tahu jenis2 dan kegunaan pipa.
    Lifestyle Titip Pesan,Katanya.....
    wah bener2 arsitek banget deh nih, thx udah mau berbagi infonya...
    Piet Puu Titip Pesan,Katanya.....
    hehehe :D
    jadi tau lebih banyak tentang PIPA...
    klo PIPA cerutu popeye termasuk jenis PIPA apa ka...???
    hehehehe :D
    Nadine Titip Pesan,Katanya.....
    waduh postingannya berat sekali :)
    Valter Titip Pesan,Katanya.....
    Hello my friend, thank you very much for your visit, new day of happiness and successes. Hugs Valter.
    Ngeposting ni yee Titip Pesan,Katanya.....
    tHanks sObat, saya jadi tw jenis2 pipa dan kegunaannya.,,..,,.,..,
    Ferdinand Titip Pesan,Katanya.....
    Waduh Makin banyak aja Nie Ilmu yg dibagi.....baru tahu Sob Ngbedain Pipa .....biasanya cuma NgLiat Doank hhe....
    Bonthain Titip Pesan,Katanya.....
    banyak banget yeah ragam pipa
    Ambae.exe Titip Pesan,Katanya.....
    ma kasih banyak infonya sobat...........amat bermanfaat ilmu yg dibagi disini
    akhatam Titip Pesan,Katanya.....
    OO begitu yaw... baru tau aku... Tx sob!!
    LOVELYNOV Titip Pesan,Katanya.....
    Nice blog....I like it... keep smile :)
    Bunglon Blog Titip Pesan,Katanya.....
    wah mantep ne mas artikelnya, teknik banget pas dengan dunia kerjaku hehe...
    ada yg beda ne blognya lebih kren mas.
    sukses mas
    didi Titip Pesan,Katanya.....
    keren...
    makin majunya zaman dan teknologi yg canggih memplokamirkan ide org membuat jns pipa makin lebih baik lg.
    salute...
    thx bos bwat infonya!!!
    Berita Indonesia News Titip Pesan,Katanya.....
    Wah keren artikelnya... tentang Pipa... saya pernah beli pipa PVC yang murahan... hampir sama tetapi ternyata tidak tahan lama... dia tidak tahan tekanan air PAM. Trims
    runingsmansev Titip Pesan,Katanya.....
    kereeen
    Nadja Tirta Titip Pesan,Katanya.....
    nie post, sudah follow, linknya udah dipasang juga.. jgn lupa ya sob :)
    kareena Titip Pesan,Katanya.....
    thanks, this blog really helped me to get inspiration
    noenu Titip Pesan,Katanya.....
    nice info brother,, ;)
    lafa Titip Pesan,Katanya.....
    wow, mantep, ilmu kelas tinggi neh yang aku dapet, meskipun masih asing tapi aku cukup antusias bacanya :)
    Warna Tulisan Titip Pesan,Katanya.....
    Terimakasih sahabat atas informasinya. Salam
    tomo Titip Pesan,Katanya.....
    Aku lebih familiar dengan pipa PVC kawan
    uswah Titip Pesan,Katanya.....
    Baru tahu nih ragam macam pipa
    Dwi Titip Pesan,Katanya.....
    wah baru ngerti nich macam2 pipa, thx bro infonya
    Anonymous Titip Pesan,Katanya.....
    tHANKS banget informasinya
    Izin copy ya, buat bahan pembelajaran...
    Terima kasih
    Estate management Titip Pesan,Katanya.....
    I wish to get these pipes for my home. Keep sharing more information.
    how to become a pilot Titip Pesan,Katanya.....
    Great blog article about this topic, I have been lately in your blog once or twice now. I just wanted to say hi and show my thanks for the information provided.

Please Comment Here;~


Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Archv3nture.
Tinggalkan pesan di Buku Tamu /Link Exchange untuk tukaran link.