Pondasi merupakan bagian dari sistem rekayasa konstuksi yang berfungsi sebagai penerus beban yang ditopang oleh beratnya sendiri (bangunan) pada kedalaman tanah atau batuan yang terletak dibawahnya.Karena sifat dari tanah dan batuan itu hiterogen,maka sulit ditemukan dua pondasi bahkan  pada tapak konstruksi yang berdampingan akan bersifat sama.hal ini disebabkan pondasi sebagai pendukung beban mempunyai bidang antara (interfacing) terhadap tanah.
     Di dunia rancang bangun penurunan pondasi bisa dipastikan terjadi.Persoalanya bagaimana penurunan tersebut dapat diprediksi sejak awal,sehingga bangunan tidak terganggu.Masalah yang dihadapi perencana adalah menentukan sistem pondasi untuk bangunan bertingkat sedang antara 2 sampai 8 lantai,dan berdiri diatas tanah yang mempunyai daya dukung rendah.sisi lain persoalan biaya yang tinggi masalah tesendiri.karena kesalahan dalam perencanaan akan berdampak pada hasil kemudian hari.

PONDASI SARANG LABA-LABA

      Salah satu solusi alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut adalah ditemukan sistem pondasi sarang laba-laba.Sistem ini ditemukan oleh Ir Ryantori dan Ir Sutjipto tahun 1976 dengan hak paten no 7191,mulai diterapkan di proyek tahun 1978,sampai saat ini telah digunakan pada 1000 lebih bangunan.
     Pondasi sistem kontruksi sarang laba-laba merupakan pondasi bawah konvensional yang kokoh dan ekonomis,dimana sistem ini adalah kombinasi antara siatem pondasi plat beton pipih menerus dengan sistem perbaikan tanah,kombinasi ini berakibat adanya kerjasama timbal balik saling menguntungkan
      Sistem pondasi ini memiliki kekakuan(rigidity) jauh lebih tinggi/baik dan bersifat monolit bila dibandingkan dengan sistem pondasi dangkal lainnya.Karena plat konstruksi pada sarang laba-laba dapat bekerja dengan baik terhadap beban-beban vertikal kolom, bila ditinjau dari perbandingan penurunan dan pola keruntuhan.Rib juga berfungsi sebagai penyebar tegangan atau gaya yang bekerja pada kolom.dimana pasir,tanah sebagai pengisi dipadatkan dan berfungsi untuk menjepit rib-rib konstruksi terhadap lipatan dan puntir.Dengan memanfaatkan tanah hingga mampu berfungsi sebagai struktur dengan komposisi sekitar 85% tanah dan 15 %beton,maka sistem ini dari segi biaya lebih murah dari sistem pondasi lainnya.Oleh karena itu pondasi sistem konstruksi sarang laba-laba akan menjadi suatu sistem struktur bawah yang sangat kaku dan kokoh serta aman terhadap penurunan dan gempa.
      Sistem ini dalam pelaksanaannya memerlukan waktu relatif singkat serta tidak memerlukan keahlian tinggi dan pengembanganya dapat dilaksanakan dengan precast/pracetak.Fungsi konstruksi sarang laba-laba sangat cocok untuk pondasi bangunan bertingkat dua sampai sepuluh lantai,gedung kelas satu,container yard/terminal peti kemas,menara transmisi tegangan tinggi,menara/tugu,kolam renang,tangki-tangki minyak,jalan kelas satu,konstruksi landasan pesawat udara/runway,apron dan pondasi open storage.

sumber : DataPro 2004


16 Comments:

  1. uze Titip Pesan,Katanya.....
    makasih atas infonya
    Salon Oyah Titip Pesan,Katanya.....
    Manttaaapppsss infonya... btw, ini sih bwt bangunan berlantai banyak, klo bwt rmh q ya bisa berat di ongkos, gitu loooohhh... hehe...
    Ferdinand Titip Pesan,Katanya.....
    Setuju Sob, klo bangunan pondasi'y ga kuat mah biasa hanyut kebawa banjir Or Rubuh ketiup angin hhe,....,

    banyak kan tuch di berita pada hanyut Rumah2 gara2 ga ada pondasi'y...

    Keep Post Sob...
    Belogger Prost Titip Pesan,Katanya.....
    mantap infonya gan
    heru Titip Pesan,Katanya.....
    nice tips, thanks sobat atas sharing nya
    no name Titip Pesan,Katanya.....
    nice post you have here....he he he ternyata ada juga pondasi sarang spiderman....yang ane tahu cuma pondasi ceker ayam.....salut buat sobat super ... keep in touch

    Best Regards
    dwell-articles
    SERBA BLOG Titip Pesan,Katanya.....
    emang itulah maksud Tuhan menciptakan hewan, agar bisa melengkapi hidup ini, jd manusia bisa bnyk belajar dr hewan.
    nice info sob...
    keren abis...smoga manusia bisa lbih menghargai mahkluk lain...
    Blogger Titip Pesan,Katanya.....
    wah ne mantep sob artikelnya saya malah baru tau sekarang nech hehe...apa masih dalam tahap perkembangan y sobat? sepertinya ini adalah pilihan yg bagus sekali dari review gambarnya tampaknya akan lebih kokoh menunjang bngunan di atasnya
    sukses sobat!
    Ek4zone Titip Pesan,Katanya.....
    bagus bgt nieh infonya, buat fondasi...
    Rinda Titip Pesan,Katanya.....
    i hate spider! but i love this spider ^_^
    Lembaga Pelatihan Titip Pesan,Katanya.....
    Ada pondasi cakar ayam.... terus sarang laba laba... terus..apa lagi... Trims and Peace
    Ferdinand Titip Pesan,Katanya.....
    Wah perlu nie Pondasi yg kaya gni........biar lebih kokokh.......
    Bang Aan Titip Pesan,Katanya.....
    waduh...ad pondasi kyk gini juga toh...kerennn...
    Lukisan Abstrak Titip Pesan,Katanya.....
    kaya mau bikin rmah manusia ajja,...
    ada pondasinya,...
    Samaranji Titip Pesan,Katanya.....
    Salam kenal boss,,,
    nice,,,,
    perlu dipelajari en dikembangkan nih. Btw, kita emang harus jeli mempelajari fenomena alam. Dan pada akhirnya kita pulangkan kepada Sang Pencipta Alam.
    Unknown Titip Pesan,Katanya.....
    Selamat Siang,
    Dear Mrs. ar
    kami dari PT. Katama Suryabumi. ingin menginfokan bahwa blog anda yang memuat tulisan dengan judul
    Pondasi sarang laba-laba sebagai alternatif pondasi bangunan bertingkat sedang. Telah kami seleksi dan mendapatkan souvenir menarik dari perusahaan kami. untuk itu di mohonkan untuk segera mengirim alamat domisili anda saat ini atau kontak person anda. Agar dapat mengirimkan souvenir ke alamat tempat tinggal anda, Kami mengucapkan Terima Kasih kepada anda karena telah berpartisipasi dalam penulisan blog tentang konstruksi sarang laba laba.
    untuk informasi lebih lanjut dapat mengirimkan @mail ke marketing.katama@gmail.com atau hubungi kami di kontak person 085768434838.

    Terima Kasih,
    Regards
    Inayah Sofiah


Please Comment Here;~


Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Archv3nture.
Tinggalkan pesan di Buku Tamu /Link Exchange untuk tukaran link.

Get this commentators widget