Tangga Ideal dan Nyaman

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tangga aman dan nyaman untuk dinaiki:

Dimensi Tangga
     Ada rumus yang sering digunakan para arsitek untuk menghitung dimensi(tinggi dan lebar)anak tangga,yaitu 2R + 1G= 60-64cm.R adalah tinggi anak tangga dan G adalah lebar anak tangga
Bila tinggi anak tangga anda (R)=18 dan lebar (G)=27 maka dengan rumus tersebut tadi akan didapat jumlah 63cm,yang berada dalam kategori nyaman .Atau bisa juga dikatakan,tinggi anak tangga ideal antara 15-18cm dengan lebar 25-30cm
     Anak tangga yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan tangga menjadi curam dan berbahaya untuk dilangkahi.Tinggi yang tidak sama antara satu anak tangga dengan anak tangga lainnya juga tidak aman ,karena ketika seseorang menaiki atau menuruni tangga ,ia mempunyai irama tertentu.Jika tinggi anak tangga berubah,iramanya juga bisa berubah tiba-tiba dan ia bisa terjatuh

Dimensi Railing
     Railing tangga diperlukan jika jumlah anak tangga lebih dari 5.Tinggi yang ideal untuk railing adalah 80-90cm.Tinggi ini disesuaikan dengan tinngi tangan,sehingga tangan dapat berpegangan dengan nyaman .Ketinggian ini juga mencegah anak-anak menaiki railing tangga
Kalau railing terbuat dari bilah-bilah besi atau kayu vertikal,perhatikan juga jarak antar batangan.Usahakan jaraknya berkisar 15-20cm sehingga kepala anak tangga bisa melewatinya.Agar tidak melukai tangan ,bagian atas railing yang berfungsi sebagai pegangan sebaiknya dibuat tumpul.

Material
Anak tangga sebaiknya dibuat dari bahan yang tidak licin,terutama tangga yang berada di luar dan terkena percikan hujan.


53 Comments:

  1. orang kampung belajar ngeblog Titip Pesan,Katanya.....
    apa sebaiknya pada anak tangga itu ditambah karpet permadani supaya gak licin sob ?
    syahidacomputer Titip Pesan,Katanya.....
    info yang bermanfaat shob, ternyata gitu ya ...ada rumusnya juga, kirain asal buat aja.
    makasih shob telah berbagi.
    akhatam Titip Pesan,Katanya.....
    Wah ada aturannya juga ya... makanya nyaman banget n aman...
    odonk's Titip Pesan,Katanya.....
    set! baru tw ane asli brad, klo bkin tangga da rumusnya...
    krain cuma ukur2 biasa doank. :)
    lina@happy family Titip Pesan,Katanya.....
    Bermanfaat banget infonya. Saya pernah naik tangga di suatu gedung, sangat melelahkan, karena jarak antara anak tangganya terlalu tinggi...
    Inspirasi Titip Pesan,Katanya.....
    yang penting bisa naik.. :) dan aman
    BRI Jakarta Veteran Titip Pesan,Katanya.....
    wah ... ada teknik tersendiri tuk membuat tangga ... makasih sahabat.
    buret Titip Pesan,Katanya.....
    ternyata rumit juga bikin tangga, terima kasih infonya sob...
    osi Titip Pesan,Katanya.....
    pantas az kadang ada tangga yg buat takut untuk turunnya, bahkan agak sulit untuk naik tangga, kaki rasa janggal dengan langkah tiap anak tangga...ternyata buat tangga pake rumus jg ya :D
    Ferdinand Titip Pesan,Katanya.....
    Yang aku tau sebainya jangan terlalu tinggi anak tangganya soalnya agak berbahaya tuh klo buat anak2 atau orang yg udah lansia hhe....makasih info'y Sob...
    ririn Titip Pesan,Katanya.....
    infonya berguna banget
    ternyata buat tangga harus di hitung juga ya
    leonezt1 Titip Pesan,Katanya.....
    wah baru tahu tangga ada rumusnya hehehe
    Miss Rinda Titip Pesan,Katanya.....
    duh hrs diperhatiin ya @_@

    dikirain cm asal belok2 aja kaya di rumahQ ^^

    tp tangga bgs bwt kshtan xixixi ^^


    Miss Rinda - Personal Blog
    Kjoed Titip Pesan,Katanya.....
    Makasih Infonya bro .... doa'ain aja bro, agar cepet dapat dana agar bisa mugar tangga, soale yang ada terlalu sempit dan menanjak... :)
    Bayu Lebond Titip Pesan,Katanya.....
    artistik sekali bung...bener-bener artistik
    kibagus Titip Pesan,Katanya.....
    benar sekali sob...!!
    bikin tangga memang kelihatannya mudah tapi kalo ndak tau konsepnya langsung bikin bisa menyesal.. kalo iudah jadi..!!
    nice posting
    Lantabur !! Titip Pesan,Katanya.....
    Waw.... !!! Mantap !!
    Hosting Murah Indonesia Indositehost.com | Lantabur
    Kapan Bisa Punya gituan yah . . . Mahal Kale yah
    eNeS Titip Pesan,Katanya.....
    Info yang menarik buat para perancang bangunan sob...
    ToPu Titip Pesan,Katanya.....
    Dalam perancangan bangunan memang banyak sekali rumus - rumus yang belum kita ketahui..
    restry Titip Pesan,Katanya.....
    ada juga ya syarat2 tangga ideal baru tau aku..thx bro..btw aku paling gak suka deh tangga spiral yang besi itu..bikin cpek grr
    nikon camera Titip Pesan,Katanya.....
    makasih banget infonya...
    blog nya juga keren...
    salam kenal ya....
    Gulnoz Titip Pesan,Katanya.....
    Nice blog!
    Piet Puu Titip Pesan,Katanya.....
    Well.. tangga rumah ku yang di Bogor juga gt sob.. hehehe :D

    tangganya semacam dari kayu...
    warnanya cokklat...
    aku suka bangedd... ^^
    klo musim hujan, dia ga dingin.. hehehe :D
    aku sukanya jumalha anak tangga nya yang sama dengan tanggal lahirku yaitu 12
    hahahaha :))
    Deasy Titip Pesan,Katanya.....
    Archv3nture keren banget nich... Guest book nya ilang hikz.. check on mysite,, I added u on my blogroll...Thanks!
    killfash Titip Pesan,Katanya.....
    suka 3d jg ya gaNNN???

    btw template nya hororr,, item remang2...hhahaha
    Ipoeng Titip Pesan,Katanya.....
    Mantaff juga infonya, pasti dari hasil kuliah dulu yaaaa .... hehehehe
    btw gimana untuk menentukan radius putar tuk anak tangga putar/melayang ....
    Thanks ...
    wandhe Titip Pesan,Katanya.....
    waw!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    engi Titip Pesan,Katanya.....
    Wah.. infonya sangat berguna bro! Kalo bikin tangga putar kayak di film full house tuh gmn rumusnya? Bagus bgt tuh...
    Biema roll Titip Pesan,Katanya.....
    mantap .........sukses slalu ya.....
    Ambae.exe Titip Pesan,Katanya.....
    nae' tangga lbh aman dgn ketersediaan tangga yg ideal
    Bonthain Titip Pesan,Katanya.....
    info neh jd referensi tuk bikin rumah ke depannya..good pko'e
    MF Modifier Titip Pesan,Katanya.....
    iya tu bener, kemungkinan jatuh sedikit
    deasy Titip Pesan,Katanya.....
    Belajar banyak disini! in fo yang bagus banget gan! Thanks dah sraring ilmunya..
    Kedai Sehat Titip Pesan,Katanya.....
    kapan ya saya punya tangga seperti itu?? mahal gak ya klo pasangnya di rumah??
    killfash Titip Pesan,Katanya.....
    cuma daftar saja dapat 10$ refferal dapat 2$, cekidot gan,.,. :D
    http://www.imcrew.com/?r=44815
    odah etam Titip Pesan,Katanya.....
    mantab ne tangganya kalo pasang di rumah ane...
    kompir masi balik ne kawan banner + follower dah lama ane pasang...trims ya
    asidiq Titip Pesan,Katanya.....
    infonya bagus.. ternyata rumit juga ya prosesnya..
    anak nelayan Titip Pesan,Katanya.....
    wah mantab rumus nya sobat
    kartunmania Titip Pesan,Katanya.....
    wah... ilmu baru nih...

    Nice info, salam kenal
    DEALER PULSA MURAH Titip Pesan,Katanya.....
    thanks bos
    http://endriagus.blogspot.com/
    faisal Titip Pesan,Katanya.....
    nice info gan.. salam kenal..
    pasang iklan gratis sebagai awal mulai bisnis online Titip Pesan,Katanya.....
    mantap gan infonya...
    kunjungan balik gan
    Sang Togog Titip Pesan,Katanya.....
    Baca2 ah. Siapa tau besok kepake pas mau bikin rumah.
    Silakan ganti baca2 di tempat saya, Sobat.
    amPuzz Titip Pesan,Katanya.....
    wah...baru tahu nih ... makasih infonya :D
    budiawanhutasoit Titip Pesan,Katanya.....
    ternyata untuk membuat tangga yang ideal dan nyaman ada hitung2annya.
    thanks
    Makalah Pendidikan Titip Pesan,Katanya.....
    inspiratif.. trnyata gak bisa asal buat trus pasang aja.. Sangat menarik, Terima kasih infonya.. Yang butuh Makalah Pendidikan silakan kunjungi Blog Kabar Pendidikan
    UII Fans Titip Pesan,Katanya.....
    Artikel yang menarik..
    Makasih infonya..
    Salam...:)

    Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
    Universitas Islam Indonesia
    http://fcep.uii.ac.id/
    Iraqi Dinar Titip Pesan,Katanya.....
    Sup administrative Simply put i want to thank you a whole lot not necessarily for this particular posting eliminating additionally for the purpose of this each and every one former content.
    Paul Smith Titip Pesan,Katanya.....
    HEllo there,
    Nice to read it after translating it thanks for the post
    Chatter Titip Pesan,Katanya.....
    ada rumusnya jg ya, baru tahu nich, kirain asal bikin tapak demi setapak...he..he..
    John Titip Pesan,Katanya.....
    I was able to find the details that I was searching for. I must thank you for the initiatives you have made in writing this article. I am expecting the similar best efforts from you in the future as well.snoring cures how to stop snoring
    lake district hotels Titip Pesan,Katanya.....
    This is a good topic. I would like to read more about your articles.That contains nice information....
    Outbound Training Malang Titip Pesan,Katanya.....
    salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Please Comment Here;~


Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Archv3nture.
Tinggalkan pesan di Buku Tamu /Link Exchange untuk tukaran link.

Get this commentators widget