Sultan Mosque

     Sultan mosque adalah masjid tertua dan terbesar di Singapura.Berada di kawasan kampong Glam,sebuah kampung di daerah bugis yang banyak dihuni oleh orang-orang keturunan Arab dan Melayu.Kampong Glam terbetuk di tahun 1819,ketika pasukan Inggris datang ke Singapura.
     Sir Stamford Raffles yang saat itu memimpin pasukan Inggris memberikan sebuah area kekuasaan kepada Temenggung Abdul Rahman (penguasa pulau singapura) dan Sultan Hussain Shah(dari Johor).Daerah tersebut kemudian dinamakan Kampong Glam.Ditahun 1824,Sultan Hussain mendirikan sebuah masjid untuk warga muslim,yang saat itu merupakan warga dominan di Kampong Glam .ditahun 1928,masjid ini dipugar setelah Singapura mendapat dana segar dari Kongsi dagang Inggris.

Kubah Emas

     Salah satu bagian yang diubah adalah atap masjidnya yang diberi warna emas.Warna emas ini sangat berguna,karena warna emasnya yang berkilau membuat masjid ini cukup terlihat,walaupun dari kejauhan.
     Dari segi Arsitektur,masjid yang dapat menampung lebih dari 5.000 jamaah ini cenderung berkiblat kegaya arsitektur Indo-Saracenic yang populer di India.ini dapat dilihat dari beberapa hal,salah satunya dari bentuk kubahnya yang berbentuk bawang dan jendela berbentuk lengkungan lancip.


Abdul Gaffoor Mosque

     Masjid Abdul Gaffoor terletak di sebuah perkampungan India yang terkenal dengan nama Kampong Kapor atau orang kerap juga disebut Litlle India.Masjid bergaya Moorish ini awalnya bernama Masjid Al Abrar yang didirikan diatas wakaf dari Abdul Gaffoor bin Shaik Hydert,seorang kepala dari sebuah firma hukum.
     Masjid yang sekilas mirip dengan Masjid Jamek di Kuala Lumpur ini cukup menarik untuk dilihat.Bangunan ini memiliki fitur arsitektur dan ornamen yang cukup kaya,sehingga sering menjadi tujuan wisata para turis mancanegara.


     Dari jalan,masjid ini tak terlihat,tenggelam diantara bangunan-bangunan rumah dan toko disekitarnya.Namun begitu masuk kedalam gerbang masjid,akan terlihat semua keindahan masjid satu lantai ini.Ciri khas masjid ini yang konon tak dimiliki masjid lain di dunia adalah sebuah jam matahari yan terdapat diatas pintu masuk utama.Jam matahari berhiaskan bulan dan bintang ini memiliki 25 jarum jam,berisikan 25 Rasul Allah yang ditulis dalam huruf kaligrafi.

     Seperti halnya masjid-masjid tua di indonesia ,masjid ini tidak memiliki daun jendela sama sekali.Sekeliling masjid hanya dibatasi oleh deretan balustrade dan lubang jendela berbentuk siluet kubah.Namun kini,demi alasan keamanan,bukaan-bukaan tersebut ditutupidengan teralis besi.
Selain jam matahari dan balustrade yang penuh hiasan,masjid ini memiliki keistimewaan lain yakni memiliki banyak minaret yang berjumlah 22 minaret.

Saracenic Style:
      Gaya saracenik yang juga dikenal dengan gaya mughal Gothic adalah perpaduan antara gaya victorian Gothic denan gaya islam Mughal di India.Gaya ini kerap digunakan di negara-negara Eropa.
     Ciri khas gaya ini adalah penggunaan satu kubah yang menyerupai bawang yang ditambah dengan beberapa kubah kecil.Jendela atau pintu berbentuk kotak,dan bagian atasnya berupa lengkungan-lengkungan yang lancip.Menara atau minaret wajib ada,jumlahnya minimal 2 buah.
     Beberapa bangunan lain yang menganut gaya ini antara lain Sultan Samad Building di Kuala Lumpur,The Gateway di India,dan Royal Pavilion di Brigton ,Inggris.


31 Comments:

  1. aura pelupa Titip Pesan,Katanya.....
    Masjid dimanapun selalu menarik untuk dilihat keunikannya!
    tomo Titip Pesan,Katanya.....
    Mak nyus..masjidnya megah dan bagus2
    Bunglon Blog Titip Pesan,Katanya.....
    wah ini bangunan mesjidnya megah2 semua ya sob luar biasa, semakin mempercantik dan memancarkan kebesaranNYA..

    Sukses Slalu!
    BRI Jakarta Veteran Titip Pesan,Katanya.....
    sungguh menarik rangkaian artikel mengenai bangunan masjid di negara2 sahabat, kita jadi mengenal lebih banyak lagi ... makasih ya sahabat
    orang kampung Titip Pesan,Katanya.....
    arsitekturnya keren, kayak arsiekturnya mesjid2 di eropa.. nice posting sobat !
    odonk's Titip Pesan,Katanya.....
    beuh masjidnya cakep2...
    gaya bgunannya berbeda...
    Ferdinand Titip Pesan,Katanya.....
    Wah biarpun negaranya kecil ternyata Masjid'y keren2 ya Sob....Salut sm Singapura.....
    akhatam Titip Pesan,Katanya.....
    Wah luar biasa megah!!! hebat kali ya... dan modelnya agak sedikit Kerajaan atau kesultanan!
    anak nelayan Titip Pesan,Katanya.....
    wah thx infonya sobat
    aryadevi Titip Pesan,Katanya.....
    salam mas,^_-^ menambah khasanah perbendaharaan tentang rumah ibadah..
    aryadevi Titip Pesan,Katanya.....
    oh ya kabar kami baik aja, semoga saudara juga begitu
    lina@happy family Titip Pesan,Katanya.....
    Mesjid2 yang indah dan unik, luar biasa...
    Cuirast Titip Pesan,Katanya.....
    Yang abdoel gafur kayak istana........Keren

    Mampir n komen balik ya
    imelda Titip Pesan,Katanya.....
    nice gadget hope o thave one in the near future
    anak nelayan Titip Pesan,Katanya.....
    indah banget dipandang
    berpikir positif Titip Pesan,Katanya.....
    mampir pagi untuk follow dan lihat mesjid di singapura yang cantik
    Warna Tulisan Titip Pesan,Katanya.....
    mesjid2nya sangat megah dan anggun ...
    Run-D BLoG Titip Pesan,Katanya.....
    7gn cmn dilihat dr cantik / tdknya i2 mesjid tp bgmn Qta melakasanakan Ibadah di dlmnya
    radio Titip Pesan,Katanya.....
    Great post. Want to Link Exchange? Thank you
    http://radio-online-via-internet.blogspot.com
    MangMelan Corp. Titip Pesan,Katanya.....
    ku baca inio, jadi tertarik, hemmm,semangat saja
    Herdoni Wahyono Titip Pesan,Katanya.....
    Gaya arsitektur masjid-masjid ini sangat menarik sekali. Alangkah megahnya bila bangunan masjid yang akan dibangun juga dapat memperlihatkan keindahannya seperti masjid ini.
    aryanto aj Titip Pesan,Katanya.....
    mantab banget sob...pingin belajar aristek nih boleh bantu gak?
    MF Modifier Titip Pesan,Katanya.....
    aku udah pernah liat tu yang nomer tiga, gede banget emang
    Serba Serbi Titip Pesan,Katanya.....
    keren2 banget mesjidnya..
    saya kagum dengan mesjid india..
    mantep bener...
    Kedai Obat Titip Pesan,Katanya.....
    andaikan aku ada rejeki, mau singgah ke mesjid-mesjid itu.. doakan saja ya
    Indahnya Kebersamaan Titip Pesan,Katanya.....
    Wah keren sob, mantap dah mesjid-mesjidnya
    Dustin Titip Pesan,Katanya.....
    I have added your link in my blogroll.. pls do add mine.. it is http://teebuk.com/ and put the name as 'Tea Book' thank you
    PIK Remaja Al-Hikmah Titip Pesan,Katanya.....
    Majid tetua di Singapura begitu megahnya, sebagai bukti perkembangan islam di negara tersebut
    Black Hunter Titip Pesan,Katanya.....
    keren keren mesjid yaaaa suka banget indah dan berseni tinggi
    Daftar Blog SEO terbaik Titip Pesan,Katanya.....
    Really appreciate you sharing this article post.Thanks Again. Really Cool
    nining handayanis Titip Pesan,Katanya.....
    enak nih bisa wisata sekaligus ibadah
    makasih ya infonya...

Please Comment Here;~


Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Archv3nture.
Tinggalkan pesan di Buku Tamu /Link Exchange untuk tukaran link.

Get this commentators widget