Penyalur Petir,Bukan Penangkal Petir


       Walaupun para ahli telah melakukan berbagai riset tentang petir,belum ada yang memastikan kapan petir akan menyambar,dimana dan berapa kekuatannya.Petir tidak bisa ditangkal,ditolak atau digagalkan.Petir hanya bisa disalurkan.Oleh karena itu,bedasarkan mekanisme kerjanya para ahli mengunakan istilah 'penyalur petir' bukan 'penangkal petir'.


Penyalur petir yang beredar di pasaran intinya ada dua ,yaitu sistem konvensional dan sistem elektrolis.


Penyalur petir konvensional bekerja secara pasif ,atau bahasa sederhananya "menunggu' disambar petir.Ketika muatan listrik negatif diawan sudah cukup besar,maka muatan listrik positif di tanah akan tertarik merambat melalui konduktor penyalur petir menuju ujung kepala penangkal petir,kemudian disalurkan ke bumi.Sistem ini masih banyak dipakai karena terukti cukup handal menyalurkan petir.Biayapun cukup murah dibandingkan sistem elektrolis.

Peralatan penyalur petir konvensional bisanya terdiri dari tiga bagian:

1.Kepala penagkal petir (Splitzer) terbuat dari batang tembaga yang ujungnya berbentuk lancip.maksudnya,agar pelepasan muatan positif mudah terkumpul sehingga akan tepat pada saat menyambut lompatan muatan negatif awan dan cepat tersalurkan ke konduktor penyalur petir.  
2.Konduktor penyalur petir (down conductor) terbuat dari kawat konduktor yang dipiiln dengan penampang minimal 50mm.konduktor ini dipasang secara vertikal di sisi luar bangunan dan horizontal di atas bangunan ,fungsinya untuk menyalurkan muatan listrik yang ditangkap oleh batang penagkap petir atau batang pembumian .Penempatan konduktor secara horizontal dan vertikal di sekeliling bangunan membentuk
semacam sangkar.Sesuai dengan penemunya ,metode ini disebut sangkar Faraday .Sering dijumpai konduktor horizontal disembunyikan didalam atap demi pertimbangan estetika,secara fungsi    ini   tidak benar dan berbahaya.
3.Batang pembumian (grounding rod) terbuat dari tembaga dengan diameter sekitar 1.5 cm ,panjang 2-3m  yang ditanamkan pada kedalaman minimal 6m atau sampai bertemu tempat pembumian yaitu tanah kering.batang pembumian ditempatan pada tempat pembumian (grounding pit),umumnya terbuat dari dinding bata ukuran 50x50yang ditutup beton cor ,sebagai tempat persambungan konduktor penyalur petir dan batang pembumian.

Sedangkan penyalur petir elektrolis bekerja secara aktif.Begitu muatan awan Comulonimbus (cb) melesat ke bumi ,maka setelah melalui proses penggumpalan penguatan muatan di kepala penangkal petir (head unit),muatan positif langsung menyambut ke atas dan menuntun muatan negatif ke bumi.

Proses terjadinya petir:

Petir terjadi karena adanya perpindahan atau lebih tepat 'loncatan' muatan listrik negatif di awan ke muatan listrik positif dibumi,di awan  tidak hanya terdapat muatan negatif ,karena awan  terdiri dari ion bebas negatif dan ion bebas positif.Ion bebas ini terjadi akibat pergesekan antara awan-awan itu sendiri yang disebabkan oleh pergerakan angin.
Pada saat tertentu ,pergerakan awan akan terhenti pada suatu tempat ,lalu muatan negatif di awan saling menguatkan sehingga terjadinya akumulasi yang cepat ,sehingga terjadinya beda potensial (tegangan) terhadap bumi.inilah yang memicu terjadinya loncatan muatan negatif di awan ke muatan positif di bumi sehingga terjadilah petir.

Tanda-tanda akan adanya petir:   
Petir hanya terjadi jika ada awan comulonimbus yang biaasa disingkat awan Cb.Awan ini terjadi akibat pemanasan dipermukaan bumi yang mendorong uap- air keatas dengan cepat inilah tanda-tandanya:


*  Dari jauh,awan ini tampak menggumpal dan membumbung tinggi
* Kalau kita berada dibaawahnya agak sulit melihatnya,namun kita dapat merasakan tandanya ,yaitu jika cuaca yang panas kemudian mendadak berawan dan angin berhembus kencang.
* Kalau pagi terasa terik menyengat namun terasa lembab ,biasanya pada siang hari akan muncul awan Cb yang kemudian diikuti terjadinya petir.
Karena itulah jika hujan mulai pagi hari ,bisa dipastikan siang harinya tidak akan ada petir ,karena permukaan bumi tidak cukup panas untuk menguapkan air pembentuk awan petir tersebut.

    
  Untuk mengantisipasi kemungkinan sambaran petir ,sebaiknya rumah dilengkapi denan instalasi penyalur petir yang tepat,konsultasikanlah pada ahlinya.karena setiap wilayah di Indonesia memiliki tingkat kerawanan petir yang berbeda.
      Petir tidak hanya menyambar penyalur petir,karena arus petir juga bisa merambat melalui saluran kabel listrik atau kabel telepon jaringan udara (menggunakan tiang).Untuk mengurangi resiko ini ,sebaiknya dipasang peralatan untuk memblokir arus dan tegangan petir dengan menggunakan surge arrester,yaitu alat yang membelokkan arus yang merambat lewat jaringan listrik atau telepon langsung ke bumi sehingga tidak merambat ke jaringan listrik rumah yang bisa merusak peralatan ristrik di rumah.


Tip mengurangi resiko terkena petir saat hujan:
*Jika rerpaksa harus berteduh seorang diri,upayahkan kedua ujung kaki berhimpit serapat mungkin .Ini untuk menghindari merambatnya arus listrik ketubuh melalui kaki yang satu ke kaki yang lain akibat sambaran kebumi.Apabila petir menyambar tanah,tegangannya akan berpendar horizontal di tanah .Jika kaki kiri dan kanan membentuk jarak ,maka akan terjadi perbedaaan potensial (tegangan ) di antara kedua kaki.Jika kaki berhimpitan maka perbedaaan potensial pada kaki akan kecil.
* Jika berada di dalam rumah ,jangan duduk dilantai .Duduklah di atas kursi atau tempat tidur dengan kaki diatas.
*Hindari tempat yang cenderung basah ,misalnya tempat cuci dan kamar mandi. Jika kadar besi dalam tanah disuatu tempat tinggi ,maka berpotensi merambatkan arus petir ,sehingga tegangan pun akan berpendar merambat melalui tanah.
*Jangan gunakan telepon rumah maupun telepon seluler,mengisi baterai,menyalakan TV,radio,Komputer ,dan lain-lain,jika instalasi listrik tidak dilengkapi peralatan pengaman petir yang benar.

57 Comments:

  1. BRI Jakarta Veteran Titip Pesan,Katanya.....
    informasi yang sangat bermanfaat, terima-kasih sahabat.
    BRI Jakarta Veteran Titip Pesan,Katanya.....
    pertamax ...
    orang kampung Titip Pesan,Katanya.....
    ada mitos lucu soal petir nih sob, "jangan pake baju merah saat petir, ntar bisa kesambar.."
    gak tau apa maksudnya ????
    nuances pen Titip Pesan,Katanya.....
    Artikel yang bermanfaat!
    duit lagi Titip Pesan,Katanya.....
    kalo internetan pake broadband modem gimana tuh sob..
    Kapten Teknologi Titip Pesan,Katanya.....
    wah serem. info bagus. thanks
    Optimasi SEO Titip Pesan,Katanya.....
    Warna Tulisan Titip Pesan,Katanya.....
    terima-kasih sahabat, jadi tahu nih ... selama ini yang dikenal adalah penangkal petir ...
    imelda Titip Pesan,Katanya.....
    ty for the visit
    Hanna Pertiwi Titip Pesan,Katanya.....
    hmmm....siip banget nih mas, jadi lebih banyak tau soal petir..begitu ya jika ada hujan dan meneduh kaki harus dirapatkan, trims mas udah berkunjung kemarin

    tapi maaf link blog nya kok gak ada ya mas
    Phuad Titip Pesan,Katanya.....
    hmm...ngeri juga klo kesamber petir..
    hiihhihi..
    thanks buat tipsny sob :D
    mangstab..
    Ferdinand Titip Pesan,Katanya.....
    Wah aku baru tau klo penangkal petir itu sebenernya cuma nyalurin aja hhe....maklum Ndeso klo masalah yg bgituan hhe......makasih tips'y Sob....tp aku malah sering nyari petir buat difoto Sob...hhe.......
    komunitas oejoeng Titip Pesan,Katanya.....
    dua2nya benar gan, prosesnya sbg alat penyalur petir, manfaatnya sekaligus berguna tuk menangkal petir. he..he..gmn gan? masuk akal ga yah!
    Admin Titip Pesan,Katanya.....
    >> BRI: thx pertamaxnya..syukurlah jika bs memberi manfaat..

    >>Orang kampung:iya sob pake baju mereh jg bisa diseruduk banteng,,hhh

    >>Nuances pen:Thx jika bermanfaat

    >>duit lagi:Jangan lupa bayar tagihan.

    >>kapten teknologi:thx komentnya

    >>Optimaso seo:sama sob ane jg takut kesetrum

    >>warna tulisan:benar sob cuma istilah sebutan saja..tp fungsinya penyalur petir

    >>imelda:you're welcome

    >>hanna:thx smg bisa bermanfaat

    >>Phuad:iya sob bisa gosong..thx komentnya

    >>ferdinand:benar cuma istlah sebutan saja..hati2 sob waspada sllu..petir datangnya tiba2

    >>Komunitas Ujung:benar sekali sob setuju,cuma istilah sebutan yang sudah umum..thx komentnya..
    lina@happy family Titip Pesan,Katanya.....
    infonya bermanfaat banget Sob, nambah ilmu nih
    tomo Titip Pesan,Katanya.....
    Sori kawan baru bisa mampir.komputerku jebol koneksi apalagi huuuhhh...
    syahidacomputer Titip Pesan,Katanya.....
    informasi yang sangat bermanfaat shob. Kematian akibat tersambar petir Di indonesia ini masih cukup tinggi. dengan artikel ini bisa menjadi referensi untuk menjaga keselematan dan terhindar dari bahaya petir..... thanks
    munir ardi Titip Pesan,Katanya.....
    ternyata penyalur ya bukan penangkal petir terimakasih informasinya
    Miss Rinda Titip Pesan,Katanya.....
    paling sebel kl ada petir pas naek motor,,,langsung ngebut mendadak....hwaaahahaha ^0^

    sebel ih gagal pertamax T___T
    Bunglon Blog Titip Pesan,Katanya.....
    pagi sobat, mff banget baru bisa mampir kesini koneksi semakin lemot...huh
    wah tipsnya oke nech yang terakhir saya malah baru ngeh dapat gambaran secara logika hehe
    Sukses Slalu!
    moenas Titip Pesan,Katanya.....
    oh ternyata begitu ya brow..
    thanks atas infonya

    sory baru bisa mampir
    Davaodelights Titip Pesan,Katanya.....
    hi friend! you have a great site here. added ur link in my roll.please link me too.thxnks

    Url -http://davaodelights.blogspot.com
    Blog title - Davao Delights
    asal ngomong Titip Pesan,Katanya.....
    mantap infonya sob
    kristiyana shinta Titip Pesan,Katanya.....
    hwwaaa,,, nice tips :)
    lina@women's perspectives Titip Pesan,Katanya.....
    Mau cerita dikit yah... Sobat tahu tugu Kujang di Bogor? Daerah di situ rawan petir... suami saya pernah shock berat gara2 ngeliat 2 orang, lagi berdiri dekat dia -pake payung- sama2 lagi nunggu angkot, kesambar petir sampai gosong...
    Sekarang sih sudah dipasang penyalur petir...
    Salon Oyah Titip Pesan,Katanya.....
    Hehehe... bener, seharusnya istilahnya penyalur petir... bukan penyamber petir... ups salah, penangkal petir... wehehe...
    ToPu Titip Pesan,Katanya.....
    Wah tempatQ ada penangkal petirnya ngga' ya...
    Lam kenal aj dech buat penulisnya.....
    tips beli rumah Titip Pesan,Katanya.....
    bagus nih ....sekarang kan cuaca lagi tidak bersahabat....thanks sob...berguna banget,,,
    masterGOmaster Titip Pesan,Katanya.....
    kalaupun sudah terpasang arde penangkal petir dirumah atau digedung tidak 100% berguna lho
    FajarbukaN Titip Pesan,Katanya.....
    terima kasih ilmunya,..sahabat,....... apalagi tips yang terakhir rasanya kepakai banget,..!!
    aia En ciel's Titip Pesan,Katanya.....
    kunjungan dini hari sObat, oia..tukar banner y, banner sObat dah aq pajang..^^
    trimakasih..
    http://aiaenciel.blogspot.com/
    sandria Titip Pesan,Katanya.....
    Coba di rumah ku ada penangkal petir ya!! Nice info. Tukeran link yuu.....
    odonk's Titip Pesan,Katanya.....
    tips yang komplit...
    ane baru tw loh yang tips pertama..
    thanks brad...
    Sensor Transducer Detector Titip Pesan,Katanya.....
    Arrester memang mampu melindungi peralatan listrik, tapi tidak mampu melindungi peralatan elektronik. Betul gak sob ? :)
    wandhe Titip Pesan,Katanya.....
    waw!!!!!!!!!!!!!!!1 aku pengen donk, hihihihihihi
    bisa buat konser tuh listriknya, atau buat di kota wan, hahahaha
    akhatam Titip Pesan,Katanya.....
    Tips yang terakhir penting tuh... Tx gan !!!
    robbie ismail Titip Pesan,Katanya.....
    Brur Admin,
    Trm ksh udh berjunjung ke blog saia.
    jangan sungkan2 mampir lain kali lg di blog saia ya

    robbie ismail bali
    biemail.blogspot.com
    randa Titip Pesan,Katanya.....
    wawawawa jadi inget waktu kompi sayaa kesasmber petir mpe 2 x...hikz
    Bayu Lebond Titip Pesan,Katanya.....
    emang masih banyak kata yg salah kaprah koq bung...digigit nyamuk...pdhal nyamukkan gak punya gigi...wkwkwkwk...so harusnya penyalur petir ya...koq kayak agen penyalur pembantu...wkwkwkwk lagi
    imelda Titip Pesan,Katanya.....
    ty for the visit
    Kpadaku Titip Pesan,Katanya.....
    mantabs
    Bunglon Blog Titip Pesan,Katanya.....
    mampir sob jalan2 mlm
    selamat beristirahat ya
    Sukses Slalu!
    dienblack Titip Pesan,Katanya.....
    ijin berkunjung ya gan.... hehehe...
    richoyul Titip Pesan,Katanya.....
    petir sangat mengerikan, makasih tipsnya nih biar aman dari petir
    kedai obat ku Titip Pesan,Katanya.....
    kedua gan!
    raysonic Titip Pesan,Katanya.....
    FOLLOW ME UP nice blogs bro..

    visit us at www.thefirstcooking.blogspot.com
    Dunia Internet Titip Pesan,Katanya.....
    bagus mas postingan nya. nambah2 pngetahuan tntng alam. tetap smangat ya mas ngeposting nya :D
    http://tazkira.co.nr Titip Pesan,Katanya.....
    nais inpoh nih..!!
    Zan Insurgent Titip Pesan,Katanya.....
    Info yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan....
    Echa Titip Pesan,Katanya.....
    Petir emank galak bgt deh.. beberapa hari yg lalu, di daerah echa ada yang kesamber sampe gosong.. hhhiiiii...
    Uc1n Titip Pesan,Katanya.....
    uc1n OOO gitu to.....
    samber gledek.....makasih infonya..
    Ipin Titip Pesan,Katanya.....
    setahu saya selama ini terkenal dengan sebutan pebnangkal petir kan .
    Kedai Obat Titip Pesan,Katanya.....
    baru tahu saya.. ilmu baru nich! trims ya..
    Nuu Titip Pesan,Katanya.....
    wah, makasih infonya kawan...
    serem juga liat petirnya,
    ternyata bukan penangkal ya, cuman penyalur...
    nice^^
    domain registration india Titip Pesan,Katanya.....
    Informasi ini benar-benar bermanfaat bagi saya.
    Austin Home Search Titip Pesan,Katanya.....
    nice post....
    Cape Coral Properties Titip Pesan,Katanya.....
    Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenter here!

Please Comment Here;~


Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Archv3nture.
Tinggalkan pesan di Buku Tamu /Link Exchange untuk tukaran link.

Get this commentators widget