01.Masjid Cordoba - Spanyol

       Kembalinya masa pendudukan  Islam di dunia Barat yang dimulai dari Spanyol atau Andalusia,tepatnya pada tahun 716 ketika Sultan Abdul Rahman dari dinasti Abbasiah memproklamirkan diri sebagai Raja Andalusia,dan menetapkan Cordoba sebagai Ibukota Negara.
        
        Sebagai seorang Raja yang cerdas dan penuh semangat dia membuat negara spanyol sebagai negara yang kuat dan terorganisir baik.Pada masa pemerintahannya yaitu tahun 785 dibangun sebuah masjid yang terkenal yaitu Masjid Cordoba,terletak dipinggir sungai Guadalquivir (Guad al Kabir).Masjid  ini mempunyai panjang 175 m dan lebar 128 m dengan luas total bagian dalamnya 22.400 m2


        Bahan bangunan utamanya adalah batu-batuan lokal 'limestone" yang disebut piedra Franca,yang peka terhadap erosi alam seperti hujan ,angin dan cuaca.Selanjutnya masjid ini mengalami perbaikan dan penambahan pada masa Sultan-Sultan berikutnya.
        Adanya kewajiban wudhu sebelum sholat menyebabkan dibuatnya saluran air dari mata air ke halaman masjid.Masjid ini sungguh indah ,yang merupakan ketinggian arsitektur islam di masa itu dan hasil perpaduan berbagai unsur kebudayaan sebelumnya.Namun pada tahun 1236 Cordoba ditaklukkan oleh Raja Ferdinand,dan masjid ini berubah fungsi menjadi gereja.

02.Istana Al-Hambra,Grenada-Spanyol

       Bangunan peninggalan Islam lainnya di Spanyol adalah istana Al-Hambra,terletak di kota Grenada yang merupakan kota perbukitan yang indah.



         Istana ini merupakan perpaduan Arsitektur Arab Spanyol yang dikerjakan dengan sangat indah.di sini dapat dilihat adanya teknonogi mengalirkan air bersih dari mata air kedalam kompleks Istana.Pada masa Sultan Baabdullah  yaitu pada abad ke-15 istana ini direbut oleh Raja Ferdinand .Kemudian istana ini ditambah dengan bangunan bergaya Romawi Kristen








03.Masjid Al-Aqsa,Yerusalem

         Yerusalem dikenal juga dengan Baitul Maqdis atau Al Quds bermakna Suci atau damai. Pada bagian timur kota ini terdapat kota tua yang berbentuk hampir empat persegi,yang masing-masing memiliki panjang sekitar 1000m2.Kota tua inilah yang dibangun oleh nabi Daud as dimasa lalu,sebelum ada perkembangan penduduk setra menjadikannya pusat pemerintahan dengan sebutan kota daud atau Yerusalem.
      Sepeningalan Nabi Daud as,Nabi Sulaiman yang berkuasa,membangun sebuah tempat peribadatan yang disebut Haekal atau Harem Syarif (Tempat yang Mulia).Tempat ini lah yang menjadi pusat peribadatan Yahudi pertama dan termegah di masanya.Terletak disebelah Timur kota tua dan berbentuk empat persegi ,dengan lebar sekitar 300m dan panjang 400m.Banguna itu diruntuhkan oleh Kaisar Titus Flavius Vespasianus dari Romawi pada abad 70SM.
      Di atas reruntuhan itulah peristiwa Isra Mi'raj terjadi.tepat ditengah-tengah haekal nabi Sulaiman as terdapat batu besar bewarna hitam yang disebut Sakrah Muqaddasah.Dengan menghadap batu itu Rasulullah s.a.w sholat 2 rakaat dan berpijak dari batu ini Rasulullah s.a.w naik ke Sidratul Muntaha.Ketika Khalifah Umar berkuasa diatas batu itu dibuatkan masjid yang disebut Masjid Umar atau oleh barat disebut Dome of  The Rock.

        Pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Dinasti Umayyah kubah itu diperbaiki  dan kemudian membangun Masjidil Aqsa  disebelah barat Masjid Umar pada 705 Masehi.
       Dengan demikian sebutan masjidil Aqsa yang dilansir Al-Quran berbeda dengan Masjidil Aqsa yang sekarang.Karena ,bangunan yang berdiri di atas Haekal adalah Masjid Umar,sementara Masjidil Aqsa  yang ada sekarang berjarak 100 meter dari Masjid Umar.Karena itu ,Pihak Yahudi sampai sekarang ngotot untuk menguasai daerah ini,dan punya rencana membangun Haekal itu kembali diatas reruntuhan Dome of The Rock.

 sumber:Jakarta&Arsitek98


         Masjid yang bersebelahan dengan masjid al-Aqsa ni disebut “Dome of Rock” atau nama lainnya, Masjid al-Sakhrah .Ini adalah tujuan dan propaganda  Zionis untuk mengelirukan umat Islam, bila semua umat Islam sudah percaya dan kagum yang masjid al-Sakhrah ini adalah Masjid al-Aqsa,  kemenangan kepada pihak Zionis dan  tujuan mereka untuk hancurkan kiblat pertama umat Islam  dan siapa yang akan meratapinya? Kan kita ada masjid al-Sakhrah.Jadi kita sebagai umat islam harus waspasda dan jangan sampai keliru dan bersama  kita menjaga dengan apa yang kita mampu untuk Masjid Al-Aqsa.

26 Comments:

  1. tomo Titip Pesan,Katanya.....
    Gambarnya bagus2 masjidnya.Megah lagi
    BRI Jakarta Veteran Titip Pesan,Katanya.....
    masjid2 di Eropa kelihatan lebih megah dengan yang ada di Indonesia.
    aryadevi Titip Pesan,Katanya.....
    bagusnya sobat ada data tambahan yang dibuat khusus untuk unduhan, bisa dalam bentuk pdf misalnya.. bagus tu postingan diatas, tapi berasa kurang lengkap aja, mungkin karena keterbatasan tampilan blog ya?
    Bugis Blog Titip Pesan,Katanya.....
    Memimpikan untuk dikunjungi...... sebuah mahakarya manusia untuk Agama Islam. Thanks sob
    AyamKampuz.com Titip Pesan,Katanya.....
    Kapan yach q bisa jalan2 liat mesjid di luar... untung mengunjungi blog sobat jadi sedikit terobati. ikut gabung yach sobat di komunitas ayamkampuz.com .trims
    Abdul Hafizh Asri Titip Pesan,Katanya.....
    Wah2 .. bisa gak yah kesana semua ?? Mudah2an deh.. salam kenal .. mw tukeran link gak .. ??
    Biar gak ketinggalan jejak nih .. Keep shareyah .. :)
    Lembaga Pelatihan Titip Pesan,Katanya.....
    Keren banget... Ditempatku ada yang bikin Mesjid disesuaikan dengan yang di Spanyol AlHambra..Peace
    Bunglon Blog Titip Pesan,Katanya.....
    bangunan mesjid nya megah2 ya sob ini yg patut untuk di contoh...semoga penghuni mesjidnya juga megah dan ramai, amin...
    Sukses Slalu!
    eNeS Titip Pesan,Katanya.....
    Masjid-masjid yang menawan. Sayang sekarang fungsinya sudah banyak berubah
    aryadevi Titip Pesan,Katanya.....
    berkunjung kembali ^_^
    Ega Titip Pesan,Katanya.....
    Ternyata, eropa juga punya masjid yang bagus-bagus
    endah Titip Pesan,Katanya.....
    wahh.. bagus2 yah mesjidnya.. mudah2an di kasih kesempatan mengunjungi masjid2 di sana
    kibagus Titip Pesan,Katanya.....
    nice posting...
    bagaimana dengan indonesia apa juga punya masjid yang bagus...??
    kjoed Titip Pesan,Katanya.....
    Artikel yang sangat menarik.... perlunya pengetahuan tentang dunia islam di eropa ....
    dik Titip Pesan,Katanya.....
    hai sobat, blognya menarik
    CARI UANG DI INTERNET Titip Pesan,Katanya.....
    wooww...seru deh,unik dan menarik untuk di kunjungi
    Bunglon Blog Titip Pesan,Katanya.....
    ronda mlm sob sementara situasi aman terkendali

    Sukses Slalu!
    Miss Rinda Titip Pesan,Katanya.....
    alah meni bagus gini,,,coba di dkt rumah bagus gini mesjidnya,udah aja tinggal d mesjid,,hohoho ^0^
    FajarbukaN Titip Pesan,Katanya.....
    allah hu akbar.... inilah kebesarann yang ditunjukannya,..
    salurte dengan gambarnya,....
    btw link akang da ku add di blog ku www.fajarbukan.blogspot.com dengan nama " archv3nture blogS " silakan cek,.....
    Semangat Titip Pesan,Katanya.....
    Kita mesti mengingat sejarah. mengambil pelajaran darinya. jangan sampai kita melupakanntya.
    Blogger Bumi Lasinrang Titip Pesan,Katanya.....
    semoga semua peninggalan islam tersebut tidak akan hilang dihancurkan oleh musuh-musuh Allah
    munir ardi Titip Pesan,Katanya.....
    semua begitu cantik kapan ya semuanya kemabli menjadi milik islam seutuhnya
    aguestri Titip Pesan,Katanya.....
    Peninggalan islam memang selalu menarik unntuk ditelusuri, semangat terus sob
    orang kampung belajar ngeblog Titip Pesan,Katanya.....
    itu yang no.1 masjid cordoba dispanyol itu, suka banget aku ngeliat arsitecturenya.. gayanya klasik banget
    Pasovi Saharana Titip Pesan,Katanya.....
    Tampilanmu bagus, boleh dong kirim ke saya, agar dimuat kembali.
    Terima kasih
    indo-one Titip Pesan,Katanya.....
    wah baru tau ni mas, makasih banget ya, infonya, salam kenal saya baru buat blog ni, jadi newbie banget

Please Comment Here;~


Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Archv3nture.
Tinggalkan pesan di Buku Tamu /Link Exchange untuk tukaran link.

Get this commentators widget